Asiknya Kuliah Tugas - Ngerjain tugas bareng temen sampek malem minum kopi tetep hepi.

Friday, November 25, 2016

Mengenal Penggunaan Fungsi Logika IF Dalam Microsoft Excel

4:41 AM Posted by Hawari Muhtarom No comments
Manajemen Informatika Politeknik Negeri Lampung - Dalam postingan sebelumnya yang berjudul Fungsi Matematika dan Fungsi Statistik Dalam Microsoft Excel kita sudah belajar dan mengetahui rumus-rumus yang digunakan dalam penghitungan matematika dan statistika pada Microsoft Excel, selanjutnya kali ini kita akan belajar  Mengenal Penggunaan Fungsi Logika IF Dalam Microsoft Excel. Kita tahu sendiri fungsi logika merupakan cara untuk menyelesaikan persoalan-persoalan atau masalah logik. Untuk mempelajari lebih lanjut berikut penjelasan tentang penggunaan fungsi logika if.

Dalam penggunaan Fungsi Logika IF ada beberapa hal yang perlu kita ketahui yakni Operator Logika, Fungsi Logika IF, dan Fungsi IF Bercabang.

✔ Operator Logika
Dalam operator logika tentu kita sudah tahu beberapa operator yang sering kita gunakan dalam penghitungan logika maupun matematika yakni :
Sama Dengan ( = )  
Lebih Besar ( > )
Lebih Besar atau Sama Dengan ( >= )  
Lebih Kecil ( < )
Lebih Kecil atau Sama Dengan ( <= )
Tidak Sama Dengan ( <> )
AND, OR dan NOT. 

✔ Fungsi Logika IF
Merupakan Fungsi Logika  yang kegunaannya untuk mendefinisikan / mengisi suatu Cell berdasarkan Cell yang lain  atau kriteria tertentu yang kemudian memberikan hasil True atau False dari pernyataan sebelumnya. Adapun rumusnya adalah: 

=IF ( Logical Test; Value if True; Value IF False )

Contoh :


✔ Fungsi IF Bercabang
Fungsi IF dengan Operator Logika  ini adalah untuk menentukan data dengan menggunakan operator logika. 
Contoh Menghitung Indeks Prestasi Mahasiswa.


Dalam penggunaan fungsi logika if diatas merupakan fungsi logika if yang masih umum  sering dipakai orang, namun dalam penggunaannya fungsi logika if tersebut masih bisa dikembangkan lagi dengan masalah atau penghitungan logika yang lainnya. Sekian postingan saya kali ini, kurang lebihnya mohon maaf, Terima Kasih.

0 comments:

Post a Comment